Melakukan seleksi terhadap karyawan baru untuk bekerja di perusahaan anda bukanlah hal yang mudah. Tentu saja semua perusahaan ingin karyawan dengan kemampuan dan pengalaman terbaik dengan harga terjangkau www.kompasiana.com/christiesuharto/5bf0f1d912ae946a5e2951d2/tidak-ada-kata-tidak-bisa-bersama-teman-teman-penyandang-disabilitas-kami-bisa. Namun, pada umumnya, para pemilik karyawan harus bersifat realistis, karena tidak ada seorang karyawan pun yang sempurna. Biasanya, karyawan dengan keahlian tinggi dan banyak pengalaman akan menuntut gaji yang mahal, sedangkan yang terjangkau memiliki tingkat skill yang lebih rendah dan belum berpengalaman. Hal inilah yang menjadikan mereka harus memilih karyawan secara hati-hati, sehingga dapat di maklumi jika lebih sulit lagi bagi mereka untuk menyewa jasa seorang penyandang disabilitas untuk bekerja di perusahaan mereka.

Namun, jika anda benar-benar telah menemukan seorang penderita disabilitas dengan minat dan keahlian yang tinggi serta pengalaman yang banyak, maka anda tidak perlu ragu untuk merekrutnya, asalkan anda memperhatikan guidelines berikut ini:

Pastikan jenis kekurangan fisiknya tidah mempengaruhi kinerjanya

Kekurangan fisik para penderita disabilitas bisa berbeda-beda. Ada yang kekurangan anggota bagian atas, bawah, dan ada sebagian lainnya yang tidak memiliki indra tertentu. Oleh karena itu, anda harus pastikan bahwa orang tersebut tidak memiliki kekurangan pada suatu bagian tubuhnya yang dapat mengganggunya bekerja. Selain itu, dengan mempertimbangkan hal ini, anda bisa memilihkan tugas untuk dia kerjakan di perusahaan anda dengan lebih hati-hati.

Tanyakan padanya tentang fasilitas yang dia butuhkan

Saat anda sudah mengetahui bahwa sang karyawan penderita disabilitas yang akan anda pekerjakan benar-benar berkualitas, sekarang giliran anda untuk bertanya tentang fasilitas ekstra yang mungkin ia butuhkan. Apakah dia membutuhkan alat bantuan ekstra untuk berjalan? Apakah dia memerlukan pegangan tambahan di ruang kerja dan tangga di kantor? Tanyakanlah padanya hal-hal seperti ini supaya dia dapat bekerja di perusahaan anda dengan aman dan nyaman.

Pastikan bahwa akses menuju kantor sangat mudah baginya

Selain fasilitas tambahan, anda harus bertanya kepada sang penderita disabilitas yang akan anda pekerjakan tentang akses dari rumahnya menuju ke kantor perusahaan anda. Jika ia ternyata tinggal cukup dekat dengan kantor anda, hal ini akan mempermudah anda untuk membuat keputusan untuk menerimanya. Namun, apabila dia tinggal cukup jauh dari perusahaan anda, anda mungkin ingin menyarankannya untuk tinggal ti tempat kos atau jenis penginapan lainnya di dekat kantor anda. Namun, jika dia benar-benar karyawan dengan tingkat kemampuan yang sangat tinggi dan orang sepertinya cukup langka dan berharga bagi perusahaan anda, kami sarankan bagi anda untuk menyediakannya fasilitas penginapan yang dekat dengan perusahaan anda, atau sediakan baginya layanan antar jemput gratis atau uang transportasi sehingga dia dapat bekerja di kantor anda dengan akses yang mudah untuk menuju kesana.

Setelah ia diterima, pastikan tak ada diskriminasi

Diskriminasi bisa saja terjadi di mana saja, dan cegahlah hal ini terjadi di kantor anda. Beritahukan dengan baik dan tegas kepada karyawan anda jika akan ada karyawan baru dengan kekurangan fisik, dan beritahu mereka unuk memperlakukannya dengan baik. Selain itu, jika ada karyawan lain yang mengganggunya, sebaiknya anda harus mendisiplinkan karyawan itu secepat mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *